Mati

Senin, 18 Agustus 2008

Tanggal 17 Agustus 2008, Jam 18.30 wib, Bapak Ali Umar tetangga depan tempat tinggalku berpulang kerahmatullah, dalam usia 78 tahun. Semoga amal ibadah nya di terima di sisi Allah swt,dilapangkan kuburnya dan keluarga yang di tinggalkan di berikan ketabahan, amin.

Setiap yang bernyawa pasti akan mati,tetapi kematian itu bukanlah akhir dari segalanya, kematian adalah gerbang menuju alam abadi yang bernama akhirat. Dunia ini hanyalah sementara,akhirat lah kehidupan yang sebenarnya. coba renungkan......

Adakah kita mengambil pelajaran bila kita menyaksikan kematian, ataukah kita hanya sekedar menuntaskan kewajiban kita terhadap si mayat tanpa sedikitpun mengambil pelajaran dari sana. Kalau itu yang terjadi, betapa celakanya diri kita ini

Hari ini aku menyaksikan untuk yang kesekian kali, bagai mana tingkah polah orang orang yang ikut menyelenggarakan jenazah. Banyak aku jumpai kesembronoan mereka waktu di rumah duka sampai di pemakaman. Tidak membuka sandal saat memasuki areal pemakaman,bersenda gurau,meludah, duduk di kuburan bahkan ada yang seenaknya berdiri di tengah tengah kubur.

Orang yang hendak melakukan ziarah kubur hendaknya memperhatikan beberapa adab yang telah diajarkan oleh Islam, antara lain:
1.Mengucapkan salam kepada penghuni Kubur.
2.Berdoa dan meminta ampunan kepada Allah swt. Untuk orang yang telah meninggal dunia.
3.Apabila ziarah ke kubur orang kafir, maka tidak boleh mengucapakan salam dan tidak boleh mendoakan kebaikan untuknya
4.Sebaiknya melepaskan sandal/alas kaki.
5.Dilarang menyembelih binatang untuk kuburan
6.Dilarang duduk diatasnya
7.Tidak menjadikan kuburan sebagai hari raya yang dihadiri pada waktu-waktu tertentu atau musim-musim tertentu
8.Dan sebagainya

0 comments: