Jengkel dulu baru Seneng

Minggu, 01 Maret 2009

Kemaren dapat telp dari Om Anto, dia bilang klo laptop kecamatan rusak, banyak data penting yang harus diselamatkan. 

Karena aku gak ada kerjaan kusuruh aja bawa ketempatku...., tenyata nie laptop kena virus, dan sytem nya masih jalan, walau kadang2 muncul perintah2 tanda system udah eror. karena banyak game di dalamnya jadi sebelum di instal di manfaatin untuk main game he he, game pesawat tempur gitu, sepertinya aku gak bakat deh jadi pilot, pesawatnya meledak terus gara2 nyungsep nabrak tanah ha ha, untung cuma game coba kalau beneran waah bisa dapat gelar "Alm" aku. o ya merk laptopnya adalah Toshiba Satellite L40. 

Karena keasikan main game sampai lupa klo nie laptop harus segera di instal, karena besok harus udah siap untuk bekerja. Rencana ba'da isya mo langsung di kerjakan tapi badanku kok malah lemes + nguantuk. Selain itu anak-anak pada rame, aku gak nyaman kalo kerja dalam keramaian. hmm jadi aku mendingan nonton tipi dulu, sampai anak-anak pada naik. 

ooh ternyata aku kelaperan banget, seharian gak ada makan nasi, paginya cuma makan soto tanpa nasi. Pingin baget makan Mie rebus (tapi bukan indomie yaaa), tapi sayang aku gak tau tempat orang jual mie rebus tempo hari, karena kemaren yang beliin imam sama erin. 

kira2 jam 11 malam anak2 dah pada naik, waktu udah di niatin ngerjain laptop ee si nita malah ngajak chating.... he he kangen juga kali ya dia sama aku he he. chating rada lama juga. padahal dianya dah ngantuk banget tu, matanya dah sayuuu, kasihan deh jadinya, akhirnya dia nyerah juga. 

selesai chating timbul masalah baru, perutku gak bisa di ajak kompromi lagiiii, lapeeer bageeet. untung di depan masih ada tukang sate. hmmm beli sate dua bungkus untuk sendirii duuuh kenyangnyaa. congok banget yaa.. ha ha..

perut udah kenyang. laptop udah menunggu untuk di kerjakan, dengan penuh percaya diri dan didahului dengan bismillah mulai ngistal. Langkah awal lancar, langkah berikutnya trabel, karena hardisknya gak bisa kebaca, hdd tidak terdetec oleh install Windows XP karena menggunakan Serial ATA. Kuotak atik bios gak juga bisa, hdd tetep gak kebaca. duh mulai pusing mo nagis rasanya, mo nelp saykoji hari dah larut malam, gak enak ganggu orang tidur. kucoba buka YM ku, dan Alhamdulillah, Yono masih online, ku buzz berulang2 dan kutanyakan tentang permasalahanku. Sepertinya aku bertanya pada orang yang tepat, dia nyaranin aku pakai XP SATA. hmm apa pula tu baru dengar. Dari pada bingung mendingan tanya ama om Google. 

Sekian lama cari cari gak juga nemu solusi, jengkeel banget deh, mata dah ngantuk pula tu. gak tahan akuu. mendingan tidur dulu, kubiarkan kompiku idup sampai pagi.

Karena tidur membawa beban permasalahan yang harus di selesaikan maka aku cepat terbagun, ba'da subuh lanjutkan lagi nyari tentang SATA. usahaku berbuah juga akhirnya, ketemu artikel cara membuat XP SATA. kuikuti langkah langkahnya. setelah selesai kuburn ke cd. kucoba untuk ngistal, cd pertama gak berhasil, lanjutkan dengan membuat cd kedua, gak juga berhasil, duuh mulai stress, ini cd kosungnya tinggal atu. Kucari lagi artikel yang lebih detail, ups ketemu dan kuikuti langkahnya dengan seteliti mungkin. Kuburn ke cd terakhirku.

Test jreng jreng jreng akhirnyaa berhasil juga aku membuat XP SATA, duuh seneeeng pingin deh rasanya mentraktir orang sekampung klo lagi seneng gini.

Karena sebuah permasalahan aku dapat ilmu baru. 

oya ini aku kasih trik cara membuat XP SATA.

Cara membuat CD OS + SATA

Terlebih dahulu kmu download "Nlite", kmu cari aja di www.4shared.com

sebelum ngistall Nlite kmu terlebih dahulu harus instal Framework

Klo framwork nya udah ada lakukan proses instalasi Nlite. Jika berhasil silahkan klik icon nlite. Tekan tombol lanjut.



Masukkan CD OS Windows Xp, cari lokasi CD OS Windows Xp dengan menekan browse. Tekan tombol lanjut.

Import file-file hasil extract sata.Tekan lanjut.

Untuk membuat bootable iso, pilih Driver dan Bootable ISO. Tekan Lanjut.

Tekan lanjut, jikan ingin menyisipkan tekks silahkan klik sisipkan. Tekan tombol lanjut.

Pilih Yes untuk memulai proses penerapan instalasi.

proses instalasi

proses instalasi selesai. Tekan tombol lanjut.

Klik tombol Buat ISO untuk membuat proses ISO.

isikan nama file iso dan tempat untuk menyimpan iso. Tekan tombol save.

proses membuat ISO

Proses pembuatan CD OS + Sata menggunakan nLite selesai.

Burn file iso yang telah dibuat menggunakan program pembakar (Nero atau yang lainnya)

Untuk proses intalasi jangan lupa merubah booting fist cd rom di bios,

Selain itu kmu juga harus cari referensi yang lain supaya lebih mudeng. okee

1 comments:

Maryo Sanjaya Adi Putra mengatakan...

efektif bro....cara ini memang tangguh banget...tapi sayang kita masih pakai yang bajakan...